Search This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

Saturday, May 3, 2014

SEPANJANG MINGGU SUCI DI GEREJA OUR LADY OF FATIMA BELURAN

Berita dan gambar oleh: 
MATHEW KIUN @ GEOFFRY
Perayaan Minggu Palma ini adalah merupakan sebuah peristiwa iman yang sangat istimewa sebagai pembuka Minggu Suci sebelum Yesus mati dan bangkit. Berikut adalah ilustrasi dan penerangan yang mengambarkan sepanjang Minggu Suci tersebut.
Minggu Palma (Palm Sunday)
  • Yesus memasuki Kota Yerusalem dengan menggenderai keldai. Semua orang bersahut-sahut menyebut namaNya. Jalan yang ia lewati pun di tutupi dengan daun palma.
Isnin Suci (Holy Monday)
  • Yesus membubarkan semua pedagang yang berdagang di depan bait suci.
  • Selasa dan Rabu Suci (Holy Tuesday and Wednesday)
  • Yesus memberikan pengajaran di Yerusalem.

Khamis Putih (Maundy Thursday)

  • Yesus melakukan pembasuhan kaki terhadap murid-muridnya, Yesus merayakan hari raya Paskah bangsa Yahudi. Setelah itu, Yesus melakukan perjamuan malam terakhir (The Last Supper). Sesudah itu, Yesus dan muridNya pergi ke Taman Getsemani untuk berdoa. Pada saat itulah, Yesus di tangkap oleh para perajurit Romawi untuk di adili.
Jumat Agung (Good Friday)
  • Yesus diadili di hadapan Pontius Pilatus. Namun sebelum Yesus dibawa ke Pontius Pilatus, Yesus di bawa ke Herodes. Setelah itu, Pilatus memberi hukuman mati kepada Yesus. Padahal, Pilatus tidak mendapati kesalahan apapun dalam diri Yesus. Namun untuk menjaga karirnya, ia rela mengorbankan Yesus. Akhirnya Yesus dibawa ke atas bukit Golgota, disalibkan, dan akhirnya ia wafat di kayu salib. 7 Perkataan terakhir Yesus adalah :
  1. “Ya Bapa, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat!” Lukas 23:34
  2. “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus” Lukas 23:43
  3. “Ibu, inilah anakmu.” Yohanes 19:26-27
  4. “AllahKu, AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” Matius 27:46, Markus 15:34
  5. “Aku haus!” Yohanes 19:28
  6. “Sudah selesai” Yohanes 19:30
  7. “Ya Bapa, kedalam tanganMu, Kuserahkan nyawaKu!!” Lukas 23:46 

Sabtu Suci (Holy Saturday)

  • Yesus wafat.

Minggu Paskah (Easter Sunday)

  • Malaikat menemui Maria Magdalena dan Maria yang lainnya saat mereka mengunjungi makam Yesus. Kata malaikat itu, “Mengapa engkau mencari Dia yang hidup diantara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit.” (Lukas 24:5-7).

Paskah ADALAH merupakan peristiwa paling penting dalam kehidupan agama seorang Katolik kerana peristiwa ini merupakan puncak dari iman terhadap Yesus Kristus.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BELURAN. 13 April 2014 : Yang Mulia Bapa Uskup Julius Dusin Gitom, Diosis Sandakan, bersama umat Katolik Beluran.
17 Apr 2014 Misa Khamis Putih dirayakan oleh Rev. Fr. Phillip Muji, paderi Paroki Katedral St.Mary, Sandakan. Acara pembasuhan kaki 12 orang yang mewakili KKD masing-masing di Beluran. 
18 Apr 2014 Ibadat Jumaat Agung dipimpin oleh saudara Hendrickus Nadus, dan dibantu oleh 3 orang Pelayan Komuni.
19 Apr 2014 Misa Malam Paska dirayakan Yang Mulia Bapa Uskup Julius Dusin Gitom. 9 orang menerima Sakramen Pembaptisan dan Penguatan (baru), 7 orang yang diterima masuk Katolik dari sidang lain, 3 orang menerima Sakramen Penguatan dan 3 orang penerima Komuni pertama. Selesai acara semua 22 orang umat Katolik baru ini bergambar bersama Bapa Uskup dan para pembimbing.
20 Apr 2014 Misa Hari Minggu Paska dirayakan oleh Rev. Fr. Sunny Chung, paderi paroki Katedral St. Mary, Sandakan. Selepas Misa, paderi dan umat dijemput ke jamuan secara 'pot luck' dan acara pemotongan kek yang memeriahkan lagi suasana Hari Paska.

No comments:

Post a Comment

Solemn Charge ~ Year of Faith - Read the Catechism Of the Catholic Church in a Year

Gadget

This content is not yet available over encrypted connections.

Mengikuti Jejak Kristus

Mengetahui dan Mengasihi iman Katolik

CATHOLIC APOLOGETICS

New Advent