Search This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

Sunday, December 4, 2011

ADVEN 2: SERUAN BERTOBAT MENANTIKAN KEDATANGAN KRISTUS

SANDAKAN : Adven minggu kedua, Gereja mewartakan bacaan INJIL dari Mrk 1: 1-8 "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu." Yohanes Pembaptis, tokoh yang dinubuatkan menjadi utusan yang berseru-seru mempersiapkan jalan bagi Tuhan. 
Pembacaan Pertama: Kitab Yesaya 40: 1-5, 9-11. Pembacaan Kedua: 2 Petrus 3: 8-14
Pewartaan INJIL Mrk 1: 1-8
Rev. Fr. Philip Muji sedang menyampaikan homili.
Fr. Philip dalam homilinya berkata bahawa dunia hari ini begitu banyak suara di sekeliling kita yang berseru-seru dan perlu direnungkan. "Kita harus mengenalpasti nilai-nilai kebenaran tersebut. Hanya satu suara yang benar datang dari Firman Tuhan di Alkitab." katanya.
"Kita sentiasa bersiap sedia menanti kedatangan Tuhan dengan nilai-nilai yang baik. Penantian Krismas adalah masa untuk memperbaiki hubungan kita dengan Kristus.",  nasihatnya.
"Kita jangan mudah terpengaruh kepada perhiasan dan promosi jualan sempena Krismas. Sesiapa saja boleh merayakan Krismas tanpa Kristus."  jelasnya. "Umat harus berusaha mengundang Kristus lahir di hati dan siapkanlah diri dengan kehidupan doa dan kerohanian seperti kehendak kebenaran Firman Tuhan." tegasnya.
Demikianlah Fr. Philip Muji memberi pengertian ke atas ketiga pembacaan tersebut pada minggu itu. Penantian Krismas sudah dinubuatkan 2000 tahun sebelum kelahiran Kristus oleh Nabi Yesaya.
"Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel."  Nubuat Kitab Nabi Yesaya 7: 14
Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita. (Matius 1:22-23)
"Kita menyembah Tuhan yang tidak berubah" katanya. Maka masa tetap sama bagi Tuhan. Sama sekalilah Gereja berseru seperti Yohanes Pembaptis mengajak umat Tuhan untuk bertobat menanti kedatangan Kristus.

Soccom St. Mary

No comments:

Post a Comment

Solemn Charge ~ Year of Faith - Read the Catechism Of the Catholic Church in a Year

Gadget

This content is not yet available over encrypted connections.

Mengikuti Jejak Kristus

Mengetahui dan Mengasihi iman Katolik

CATHOLIC APOLOGETICS

New Advent